Solusi Java Sript yg Tidak Bekerja

Ini adalah solusi apabila efek efek Java Sript anda hilang atau tidak bekerja.Saat yang paling tidak menyenangkan dimana saat file javascript yang kita simpan di host lain mulai kehabisan bandwidth. Blog yang semula terlihat interaktif malah jadi kacau balau khan tampilanya. Yah, inilah salah satu kelemahan blogger karena tidak memberikan kita kapasitas ruang simpan, terutama yang berurusan dengan file javascript. Sebagai alternatif biasanya kita bisa saja meminjam web hosting gratis dari pihak ketiga, sayangnya tawaran yang diberikan ternyata tidak selalu memuaskan. kapasitas simpan yang ditawarkan sih besar, tapi jadi percuma bila kapasitas bandwidth yang diberikan sangat tidak sebanding hehehe. Nah, disini saya coba berbagi tips untuk mengatasi masalah hosting javascript di blogger, mudahan cukup membantu :)

Mengubah format ekstensi file dari .js ke .txt

Ingat, tidak semua javascript dipanggil dengan akhiran .js, ini sebuah keuntungan dimana kita dapat menyimpan dan memanggil file javascript dalam format text yang tersimpan dalam format .txt

Tidak semua layanan free web hosting memberikan keleluasaan bagi kita untuk menyimpan file berformat .js pada hosting mereka, jadi kita dapat mengakalinya dengan cara mengubah extensinya saja, dari .js ke .txt

Cara memanggil javascript berformat .txt pada host lain:


<script type="text/javascript" src="alamat-url-namafile.js" />


Pemanggilan bisa diganti dengan


<script type="text/javascript" src="alamat-url-namafile.txt" />


Simpan Javascript pada element halaman HTML/Blogger Gadget

Tidak semua kode javascript harus di simpan di host lain atau hanya dalam halaman Edit HTML, kita sebenarnya bisa saja memasang kode JS ini langsung pada element halaman blogger "HTML/Javascript". Namun sangat disayangkan cara ini tidak selalu 100% berhasil, karena tidak semua file javascript bisa support dengan penyimpanan pada widget ini. Mungkin hanya berhasil jika code javascript tersebut hanya berdiri sendiri, dalam artian file JS tersebut tidak saling berhubungan dengan memanggil kode yang satu dan kode lainnya.

Simpan code javascript langsung pada halaman EDIT HTML

Platform blogger sebenarnya membebaskan kita untuk meletakan langsung kode javascipt pada halaman Edit HTML. Cara ini selalu berhasil saya terapkan, namun kadang tidak terlalu efektif juga bila code javascript yang kita gunakan terlalu panjang code scriptnya. Cara yang terakhir ini menurut saya merupakan salah satu terbaik yang harus dicoba.

Sebelum mencoba cara dibawah, pastikan kita sudah mempunyai code JS yang akan disimpan. Jika rekan masih bingung, kode JS bisa ditemukan langsung dengan mengambil melalui alamat URL. lihat contoh pemanggilan kode dibawah yang tercetak tebal. disitulah biasanya kode JS disimpan.



<script type="text/javascript" src="alamat-url-namafile.js" />



Coba dengan masukan langsung urlnya di browser, kalo sudah ketemu tinggal copy saja kodenya.

Agar kode JS yang sebelumnya di host dialamat lain bisa langsung digunakan diblogger, kita bisa langsung menggunakan kode dibawah ini.




<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
Isi_Script_Disini
//]]>
</script>



Semoga saja cara diatas bisa mengatasi masalah kehabisan bandwidth, kalo masih bermasalah ya tinggal gunakan saja Hosting berbayar..beres heheheh

(Sumber : http://www.o-om.com)


24 komentar:

  1. ternyata rumit juga yah...
    makasih banget nih artikelnya....

    BalasHapus
  2. mas kupu-kupunya kok menghilang ya...
    padahal sebelumnya mau, kira2 knapa nih, thx lo..

    BalasHapus
  3. SARANA BERBAGI : kupu2 nya ngak muncul itu mungkin karena bandwidht hostingan JS-nya habis.

    BalasHapus
  4. Tutorial buat kupu2 terbang di blog sudah saya update dan perbaiki. Silakan dicoba...

    http://forantum.blogspot.com/2009/06/membuat-kupu-kupu-terbang-di-blog.html

    BalasHapus
  5. wow mantap x bloggernya...
    oya juragan,gimana cara upload tempalte kita ke.blog kita,Aku Mau Upload Blog nih juragan...
    aku ga tau caranya gimana???

    BalasHapus
  6. wah ruwet juga!
    tapi keren!:b:

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah sukses kiat dari antum, syukron na'am.

    BalasHapus
  8. untuk hostingnya yang stabil di mana bro....aq pake ripway tapi sering overload padahal yang make aq sendiri

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Perlu dipelajari lebh lanjut. Nice INFO

    BalasHapus

Mau tukeran link? silakan buka Link Sahabat dan apabila ada pertanyaan silakan tulis di Kotak Pertanyaan. Terima Kasih...

Kami akan menghapus komentar yang: Tak sopan, memakai HURUF BESAR, berupa caci maki, mengandung kata-kata kebun binatang, debat kusir, provokasi, di luar konteks, berupa undangan/ reklame. Komentar yang terlalu panjang, tanpa paragraf dan sulit dipahami. Komentar copy-paste, silakan di-link saja.

Isi komentar adalah tanggung jawab penulis komentar, bukan tanggung jawab pengelola blog/situs ini. Harap maklum.