Mewujudkan Pembelajaran Berbasis ICT

Mewujudkan Pembelajaran Berbasis ICT
Pembelajaran berbasis ICT adalah pembelajaran yang berasaskan konsep pembelajaran computer dan multimedia. Pendidikan bebasis ICT (Information Communication Technology) saat ini sudah berkembang pesat di berbagai daerah. Kebutuhan akan berbagai media interaktf semakin dirasakan, mengingat kondisi perkembangan teknologi informasi (TI) semakin berkembang pesat. Dalam dunia pendidikan misalnya, siswa mulai pra-sekolah, SD, SMP, SMA dan SMK dituntut mengenal TI sejak dini.

Mewujudkan Pembelajaran Berbasis ICT
Untuk mewujudkan sekolah dengan berbasis ICT tentunya diperlukan sarana prasarana yang menunjang. Tanpa sarana dan prasarana yang baik maka pembelajaran tidak akan sulit berjalan dengan sempurna. Sarana prasarana sekolah berbasis ICT adalah seperti Lab bahasa yang lengkap, komputer, LCD, dan koneksi internet. Untuk menunjang masuknya TI di sekolah, pemerintah secara bertahap membantu sekolah-sekolah dengan memberikan perangkat hardware komputer sebagai alat peraktek dan ditunjang dengan diberikannya BOM (Bantuan Operasional Manajemen) yang salah satunya harus dibelanjakan untuk membeli software komputer untuk menunjang pembelajaran TI dan penguasaan materi pelajaran umum dengan bantuan TI.
Dengan demikian jelas bahwa kebutuhan bahan pembelajaran berbasis ICT sebagai alat untuk membantu siswa menguasai TI dan materi pelajaran umum lainnya dengan lebih cepat, menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar, menjadi kebutuhan yang mendesak untuk tercapainya kualitas pembelajaran yang diharapkan.
Selain sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, pembelajaran berbasis ICT juga dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, membiasakan guru untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman yang semakin pesat saat ini. Sudah saatnya guru sedikit demi sedikit membiasakan diri mengajar menggunakan media berbasis ICT, tidak hanya mengandalkan buku yang sudah berbagai generasi redaksinya hanya itu-itu saja sehingga sudah sangat hapal diluar kepala.

Mewujudkan Pembelajaran Berbasis ICT
Apakah sekolah anda sudah menggunakan pembelajaran berbasis ICT? jika sudah, maka yang harus kita pikirkan sekarang adalah bagaimana membiasakan guru berkreasi tidak hanya sebagai pemakai jasa Media berbasis ICT tetapi juga sebagai creator yang membuat dan mengembangkan media-media tersebut sesuai dengan keadaan sekolah masing-masing. Namun jika belum, maka ini menjadi tugas penting kita semua untuk memikirkan bagaimana caranya agar sekolah kita bisa merasakan nilai positif dari perkembangan ilmu dan teknologi sekarang ini.

O...ya, Artikel diatas saya buat untuk mengikuti kompetisi blog "Si Blog" yang diselenggarakan oleh ISTA Akprind. Saya meminta dukungan dari para sobat blogger, dengan cara memberikan komentar di postingan ini. Tapi harus sesuai dengan tema postingan ya.... Terima kasih Komentarnya ^_^

Sumber: melawiraya.wordpress.com
Oleh: Naufal Bin Abdullah



21 komentar:

  1. wah pendidikan di indonesia sudah makin maju ya, tapi jangan lupa pemerintah harus mendukung terus terobosan2 seperti ini..
    maju terus dunia pendidikan di indonesia.

    BalasHapus
  2. yanfutaki: Yap, Ini tak akan berjalan tanpa bantuan dari pemerintah.

    BalasHapus
  3. sekolah gw dulu aja masih make kapur :a: ,, mudah2an makin bagus pendidikan kita dengan adanya ICT, saya juga ber inisiatif bikin blog pendidikan jadinya!! soalnya kerasa susah belajar ngandelin dosen doank!!

    BalasHapus
  4. Jurnal Geologi: hehe...pake kapur masih mendingan soba. dulu kakek nenek kita pake batu sabak. Amiin, Semoga pendidikan Indonesia Semakin maju.

    BalasHapus
  5. saya sangat setuju dengan ide ini. karena sekarang pembelajaran tidak harus dengan membuka buku aja. sekarang ada banyak buku pelajaran yang gratis. Diblog aku ada ratusan buku gratis dari pemerintah dari SD,SMP,SMA,sampai SMK. kunjungi blog aku untuk mendownload buku pelajaran gratis . http://senyawa-kimia.blogspot.com

    BalasHapus
  6. sekarang yang menjadi masalah adalah sarana dan prasarananya. Tidak semua sekolah mampu menyediakan peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, ketimpangan antar sekolah (mulai dari bangunan sampai fasilitas) harus terlebih dahulu dibenahi untuk menciptakan pendidikan yang merata. Tapi lepas dari itu semua, ICT memang sangat diperlukan untuk mengikuti kemajuan zaman, dengan tidak melupakan etika dan norma tentunya...

    BalasHapus
  7. @zakky amarullah: Wah...Ijin download ya. Buku2 sekolah elektronik (BSE) juga murah2 Mas.

    @Ardhiansyam: Setuju. Oleh karena itu di butuhkan campur tangan dari pemerintah. Sehingga pendidikan Indonesia bisa terus berkembang dan tidak kalah dari negara-negara lain.

    BalasHapus
  8. makasih mas dah pasang banner aq untuk link mas lum aq cos msi lum sempet buat tempana.......sekolah aq g ad guruna e mas cos cuman PC guru aq...hehe

    BalasHapus
  9. wah setujuh bgd tuh!!!
    ICT emg harus ada sejak pendidikan SD kelas 3, karena dengan berkembangnya zaman yg modern ini qt tdk blh dikontrol oleh komputer,tp komputerlah yg qt kontrol.
    Good Luck y!!
    mudah2an jadi juara di lombanya

    BalasHapus
  10. teruslah berkarya y? agar menjadi generasi muda Indonesia yg berguna!! ICT memang sangat berpengaruh di kehidupan serba modern seperti saat sekarang ini.
    Thanks sudah masang link saya. oy, saya kebetulan termasuk tim ICT dalam jurusan Kampus saya, IST AKPRIND. event sebelum nya mengadakan pelatihan blog untuk SMP,SMA,SMK pada tgl 5-6 Januari 10. Saya yg menjadi tentor nya, meski cm membantu saja dengan panitian yg lain,,

    BalasHapus
  11. Ngeposting: Makasih sudah berkunjung sobat...

    Epho: Okey...Sama-sama. Wah, kuliah Online ya?

    blog willy: Yap, pendidikan teknologi informasi harus ditanamkan sejak dini. Amiin...Good Luck

    Mas cahyo: Sama-sama Mas. Panitia ya? terima kasih telah berkunjung. Setuju, ICT memang sangat berpengaruh di kehidupan serba modern seperti saat sekarang ini.

    BalasHapus
  12. memang dengan pembelajaran berbasis ICT kita dapet mengenal apa itu komputer,multimedia ,internet dll
    krna dengan itu kita juga dapet menmbah ilmu pengetahuan..

    BalasHapus
  13. artikelnya bagus... tapi ana ingin sedikit mengkritik. di atas tadi ada bacaan 'save palestine', tapi kok pake facebook juga...?duh, itu sesuatu yang bertolak belakang!

    BalasHapus
  14. buat apa save palestine, kalo di sisi lain juga jadi donatur zionis???!

    BalasHapus
  15. @Alfi: He'em, selain itu siswa jadi lebih mudah menerima pelajaran karena pelajaran menjadi lebih menarik.

    @Anonymous & Nia: Saya memasang banner diatas karena saya tidak mendukung orang-orang kafir yang menyerang palestina.

    Apakah islam itu menolak kemajuan? Tentu tidak, selama tidak melanggar syari'at islam.

    Apakah islam tidak memperbolehkan mengambil ilmu dari orang-orang kafir? Tidak.

    Oleh karena itu, tidak apa-apa untuk menggunakan facebook. Apalagi facebook sangat berguna bahkan dapat digunakan sebagai sarana da'wah.

    Lebih baik lagi apabila orang islam dapat membuat jejaring sosial yang dapat mengalahkan facebook. Sehingga umat islam tidak kalah dengan orang-orang kafir dalam hal Ilmu Pengetahuan.

    Oya...Saya beri tips agar kita tidak menjadi donatur bagi zionis:
    1. Jangan memasang iklan anda di Facebook
    2. Jangan menge-klik iklan-iklan yang ada di facebook.

    @All: Makasih komentarnya... ^_^

    BalasHapus
  16. wah boleh juga info pembelajarannya

    BalasHapus
  17. menurut saya pendidikan di-kita masih belum maju,kalau kita amati peradapanlah yang maju,mungkin pendapat ini bisa kita terima bila kita bandingkan nilai akhir peserta didik jaman dullu dengan sekarang he he he he

    BalasHapus
  18. Top bang...........ak minta postingannya iia...ak kopy...........gpp kan bang...............thanx.

    BalasHapus
  19. Salam kenal
    Melalui blog mari menyongsong teknologi masa depan untuk pendidikan, silakan kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html#berpacu

    BalasHapus

Mau tukeran link? silakan buka Link Sahabat dan apabila ada pertanyaan silakan tulis di Kotak Pertanyaan. Terima Kasih...

Kami akan menghapus komentar yang: Tak sopan, memakai HURUF BESAR, berupa caci maki, mengandung kata-kata kebun binatang, debat kusir, provokasi, di luar konteks, berupa undangan/ reklame. Komentar yang terlalu panjang, tanpa paragraf dan sulit dipahami. Komentar copy-paste, silakan di-link saja.

Isi komentar adalah tanggung jawab penulis komentar, bukan tanggung jawab pengelola blog/situs ini. Harap maklum.