Membuat Sidebar dalam Kotak yang Terpisah-pisah

sidebar
Kadang kita ingin memodifikasi template blog menjadi lebih trendy dan tidak ketinggalan zaman. Dengan catatan tanpa membebani loading blog tentunya. Banyak cara dan trik optimasi agar blog tampil lebih oke, salah satunya adalah membuat tampilan sidebar dalam kotak yang terpisah-pisah. Rekomendasinya trik blogger ini lebih bagus jika diterapkan pada template yang memiliki 2 (dua) kolom, karena akan kelihatan lebih hidup tanpa harus memikirkan perataan terhadap kolom-kolom elemen halaman sidebar. Tapi tidak menutup kemungkinan pula, apabila template yang mempunyai lebih dari 2 (dua) kolom untuk ikut serta menerapkan trik blogger ini.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Login ke account blogger kamu.
  • Pilih Tata Letak --> Edit HTML.

Tips : Sebelum melakukan edit template, sebaiknya simpan dulu template kamu yang ada dengan meng-klik tulisan Download Template Lengkap. Kemudian simpan dalam harddisk atau media penyimpanan lainnya, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kamu sudah memiliki back-up untuk mengembalikannya seperti semula.

  • Cari kode CSS sidebar antara <head> ... </head>

    .sidebar .widget {
    border-bottom:1px dotted $bordercolor;
    margin:0 0 1.5em;
    padding:0 0 1.5em;
    }

Tips : Kalau susah mencarinya, coba tekan tombol F3 di keyboard. Maka akan muncul menu toolbar pencarian di bawah browser (Firefox), sehingga kamu tinggal memasukkan kata yang ingin dicari.

Catatan :
Kode template tiap blog mungkin berbeda tapi cari yang memiliki kemiripan (.sidebar .widget). Atau jika belum ada maka tambahkan kode tersebut.

Modifikasi kode .sidebar .widget, seperti dibawah ini.

    .sidebar .widget {
    background:#fff;
    border:1px solid #6E6E6E;
    margin:0 0 1.5em;
    padding:0.5em;
    }

Artinya setiap widget yang kamu tambahkan dalam elemen sidebar akan dipisahkan (margin:0 0 1.5em;) sebesar 1,5em ke bawah. Kotak sidebar tersebut berlatar putih (#fff) dan memiliki garis tepi berwarna abu-abu (#6E6E6E), sedangkan jarak teks dengan tepi kotak (padding:0.5em;) sebesar 0.5em.

  • Kamu bisa membuat kotak sidebar versi kamu sendiri dengan merubah kode-kode yang berwarna merah di atas.
  • Jangan lupa di simpan

Sumber: Optimasi-Blog.blogspot.com & Kolom-Tutorial.blogspot.com

9 komentar:

  1. blog nya rapih banget...iri nih...hehe...isinya membantu sekali boz...thx...follow sy jg ya boz...

    BalasHapus
  2. bos kalu sudah di modif terus copynya di bagian mana,,

    www.pusatduniamaya.blogspot.com

    BalasHapus
  3. GAK KETEMU KODE YA DI BLOGGER

    BalasHapus
  4. mas kodenya gak ketemu di blogger, gmn mas caranya soalnya saya awam, saya pakai blogger.

    BalasHapus
  5. kujungan, nice share

    BalasHapus

Mau tukeran link? silakan buka Link Sahabat dan apabila ada pertanyaan silakan tulis di Kotak Pertanyaan. Terima Kasih...

Kami akan menghapus komentar yang: Tak sopan, memakai HURUF BESAR, berupa caci maki, mengandung kata-kata kebun binatang, debat kusir, provokasi, di luar konteks, berupa undangan/ reklame. Komentar yang terlalu panjang, tanpa paragraf dan sulit dipahami. Komentar copy-paste, silakan di-link saja.

Isi komentar adalah tanggung jawab penulis komentar, bukan tanggung jawab pengelola blog/situs ini. Harap maklum.