Mendaftarkan Blog Di Google Webmasters

Mendaftarkan Blog Di Google Webmasters
Sudahkah Anda daftarkan situs Anda di Google? Jika belum daftarkan saja di alamat ini: http://google.com/addurl .

Nah setelah Anda mendaftarkan situs Anda di Google, akan lebih baik jika Anda memverifikasi situs tersebut melalui Google Webmaster Tools. Hal ini sangat berguna agar Google selalu memantau situs Anda serta memberikan statistik dasar mengenai situs tersebut. Ini juga berlaku untuk Blog.

Caranya, masuk kesini: http://google.com/webmaster/tools , lalu login dengan akun Google Anda. Setelah masuk, klik tulisan Add Site/tambahkan situs, masukkan URL situs Anda dan klik lanjut. Di langkah selanjutnya, Anda diminta memverifikasi situs tadi. Ada 2 metode yang ditawarkan, yaitu melalui berkas html dan Meta-tags. Agar lebih mudah, pilih metode Meta-tags. Maka akan keluar kode meta-tags yang disediakan oleh Google.

Copy kode tersebut lalu paste pada situs/blog Anda, Meta tag harus berada pada bagian <head>, sebelum bagian <body> pertama. Untuk pengguna Blogger.com, caranya adalah dengan login ke akun Blogger Anda, lalu klik tata letak/page layout, klik Edit HTML, lalu cari kode <head>, kode ini ada di bagian atas, jadi mudah menemukannya. Paste kode itu dibawah kode <head> tersebut. Lalu klik simpan template/save template. Apakah ada masalah?

Saya pun mengalami masalah dan mendapat pesan error saat menyimpan template, jika Anda juga mengalaminya, maka lakukan langkah berikut:

1. Contoh Meta-tags yang diberikan Google adalah seperti ini:

<meta name="verify-v1"
content="PqtLoutCaFixOrbMVx6IF6nowg8LGFEEyKogBFK5oRs=" >

2. Modifikasi kode tersebut menjadi seperti ini

<meta content=
'PqtLoutCaFixOrbMVx6IF6nowg8LGFEEyKogBFK5oRs=' name='verify-v1'/>


Bisa lihat bedanya? Ya..kita mengganti tanda petik ( " ) dengan tanda petik ( ' ) dan menambahkan tanda miring (/) pada akhir kode. Selain itu, urutan kodenya ada yang kita tukar.

Lalu klik simpan template/save template.

Setelah itu, kembali ke Google Webmaster Tools, klik Verifikasi atau Verified. Jika semua benar, maka akan ada keterangan bahwa situs Anda telah terverifikasi.

Selanjutnya, mendaftar sitemap...

(Sumber: http://www.blogmamet.com)

7 komentar:

  1. pertamaxx .. ^_^ thanks infonya..

    BalasHapus
  2. Caranya, masuk kesini: http://google.com/webmaster/tools , lalu login dengan akun Google Anda. Setelah masuk, klik tulisan Add Site/tambahkan situs, masukkan URL situs Anda dan klik lanjut. Di langkah selanjutnya, Anda diminta memverifikasi situs tadi. Ada 2 metode yang ditawarkan, yaitu melalui berkas html dan Meta-tags.
    gan kq punya q ngga ada 2 metode yang di tawarkan...
    mohon balas gan
    tnks..

    BalasHapus
  3. emang penting ya gan klo submit di google?

    BalasHapus
  4. oke membantu...lanjutgan!!!
    http://ukicool.co.cc/
    http://moelangbotjahesdhe.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. ok mass,,makasi ya infonya..
    mohon ijin buat nyobaa..

    BalasHapus

Mau tukeran link? silakan buka Link Sahabat dan apabila ada pertanyaan silakan tulis di Kotak Pertanyaan. Terima Kasih...

Kami akan menghapus komentar yang: Tak sopan, memakai HURUF BESAR, berupa caci maki, mengandung kata-kata kebun binatang, debat kusir, provokasi, di luar konteks, berupa undangan/ reklame. Komentar yang terlalu panjang, tanpa paragraf dan sulit dipahami. Komentar copy-paste, silakan di-link saja.

Isi komentar adalah tanggung jawab penulis komentar, bukan tanggung jawab pengelola blog/situs ini. Harap maklum.